4 Cara Mengatasi Gugup Saat Public Speaking Dengan Cepat

Pelamarkerja.com – Public speaking adalah kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki. Suatu hari, Anda akan berhadapan dengan situasi yang mengharuskan Anda untuk melakukan public speaking. Tanpa kemampuan public speaking yang baik, kinerja Anda tidak akan bisa maksimal. Bayangkan jika Anda adalah seorang arsitek. Walaupun Anda sudah merancang desain bangunan dengan teliti, jika Anda tidak berhasil mempresentasikan desain tersebut dengan baik di hadapan client, maka kecil kemungkinan desain Anda bisa memenangkan tender. Apapun profesi Anda, public speaking adalah skill yang akan sangat menunjang kesuksesan Anda.

Cara Mengatasi Gugup Saat Public Speaking Dengan Cepat

Akan tetapi, banyak orang yang gugup saat melakukan public speaking. Padahal, jika kita gugup, kita akan kehilangan kata-kata dan mematung di hadapan orang banyak yang pada akhirnya justru membuat kita semakin gugup.

Untuk Anda yang sedang berlatih kemampuan public speaking, kami punya beberapa tips untuk mengatasi kegugupan Anda.

4 tips agar tidak gugup saat public speaking

  1. Atur napas

    Saat gugup, detak jantung dan aliran darah kita akan melaju lebih kencang. Keringat mulai bermunculan di dahi dan kadangkala disertai dengan tangan gemetar. Saat itu, semua orang memusatkan perhatian pada Anda yang justru membuat Anda semakin gugup.

    Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam situasi ini adalah dengan mengatur napas. Tarik napas dalam-dalam, lalu keluarkan perlahan-lahan. Ulangi beberapa kali dan jangan menatap penonton sebelum rasa gugup Anda hilang. Metode ini sangat efektif untuk menormalkan detak jantung dan mendapatkan kembali kendali atas diri Anda.

  2. Ambil jeda

    Jika Anda merasa gugup dan mulai kehilangan kendali, ambil jeda sejenak dan jangan paksakan diri Anda untuk terus berbicara. Atur napas seperti yang sudah dijelaskan di poin pertama, dan susun kembali materi public speaking Anda. Dari situ, Anda akan tahu di mana posisi Anda sekarang, apa saja yang sudah Anda sampaikan, dan apa yang harus Anda sampaikan selanjutnya.

    Sebelum melanjutkan berbicara, tataplah penonton Anda sambil tersenyum dan berikan sapaan singkat. Langkah ini perlu dilakukan untuk mendapatkan kembali perhatian dari para penonton Anda dan untuk mengembalikan rasa percaya diri Anda setelah momen gugup yang sudah berhasil Anda lewati.

  3. Pelajari materi

    Sebelum public speaking, pastikan Anda sudah benar-benar memahami materi yang akan Anda sampaikan. Pemahaman yang baik akan sangat mempengaruhi performa Anda, mengatasi gugup saat public speaking, menghindari kesalahan-kesalahan yang bisa berakibat fatal, serta meningkatkan rasa percaya diri Anda.

    Dengan mempelajari materi, Anda juga bisa lebih mempersiapkan diri terhadap segala respon yang mungkin diberikan penonton seperti pertanyaan, sanggahan, dan lain sebagainya. Ini akan membuat Anda tampil lebih meyakinkan, suatu faktor penting dalam upaya persuasi dengan publik speaking.

  4. Berlatih sebanyak mungkin

    Yang tidak kalah penting adalah latihan. Setelah materi public speaking Anda siap untuk dipresentasikan, Anda bisa mulai berlatih untuk membawakan materi tersebut. Selama proses latihan tersebut, Anda juga bisa merencanakan skenario yang paling efektif agar tujuan dari materi tersebut bisa tercapai. Tandailah bagian-bagian yang perlu diulang, yang perlu ditekankan, yang perlu menggunakan intonast tinggi, dan lain sebagainya.

    Persiapan matang sangat penting untuk mengatasi gugup saat public speaking. Dengan persiapan yang memadai, Anda bisa tampil lebih maksimal dan mampu mencapai tujuan public speaking Anda.

Sama seperti keahlian yang lain, untuk menguasai public speaking juga memerlukan latihan. Rasa gugup adalah hal yang wajar untuk pemula. Dengan berlatih terus menerus dan dengan menerapkan cara mengatasi gugup saat public speaking diatas, kemampuan public speaking Anda akan semakin terasah dan Anda tidak akan merasakan gugup lagi.

Recommended For You

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.